Rabu, 19 Oktober 2016

RAWAT SOUND SYSTEM SECARA MAXIMAL



animasi-bergerak-loudspeaker-pengeras-suara-0074



-hidupkan mesin, baru pasang audio
Merawat audio mobil sebenarnya tidak sulit, utama speaker,subwoofer, dan power amplifier tidak boleh setetespun terpercik air. Termasuk pada saat mengelap speaker dan piranti lain nya tidak di anjurkan dengan lap yang basah.
Selain itu, apa bila ingin menghidupkan audio mobil, dipastikan mesin dahulu yang di nyalakan. Alasan nya,  jika system audio sudah di modifikasi tentu membutuhkan energy baterai (aki) yang tidak sedikit. Jika mesin tidak hidup, dikwatirkan aki akan tersedot audio dan berakibat tekor. Jika sudah tekor maka harus di dorong menghidupkannya.
Selanjut nya, apabila ingin memtikan ausio, volume harus di posisikan pada angka nol yang kemudian di lanjutkan dengan mematikan perangkat audio nya, setelah itu disusul dengan mengistirahatkan system kelistrikan lain nya seperti system pendinginan (ac0 dan system kelistrikan lain nya.
“jika servis bbulana ke bengkel, jangan lupa untuk mengecek kabel – kabel dan koneksi dengan power amplifier, equalizer, dan speaker. Tujuannya apabila ada kabel kendor bisa segera di perbaiki. Sehingga aki dan audio bisa lebih awet dan terawat baik.”
-Pasang peredam agar suara maximal
Kini banyak penggemar otomotif memodifikasi mobil nya dengan system audio, dipasangnya system audio yang mahal agar menghasilkan suara yang bagus sesuai dengan harapannya. Namun, banyak diantara mereka yang melupakan pemasangan peredam pada mobil nya.
Jika di lihat bentuk nya, mungkin manfaat peredam hanya sedikit. Padahal, fungsi peredam sangat besar. Di pasang nya peredam pada mobiluntuk memaximalkan system audio itu sendiri, sebab body mobil, terutama buatan jepang bahan nya sangat tipis dan bahan interior terbuat dari plastic.
Tipis nya bahan body mobil akan membuat suara-suara lain dari luar mobil akan masuk k dalam. Selain mengganggu suara music yang diperdengarkan, speaker tidak akn berkerja secara maximal dalam system audio mobil, inti nya, dengan peredam kabin menjadi lebih kokoh dan ruangan mobil seperti kamar dalam sebuah rumah.
“dipasangnya peredam ini, misalnya pada doortrim maka bisa menghilangkan getaran pada interior, sehingga suasana dalam mobil menjadi lebih nyaman.
Jika mobil digunakan harian, pemasangan peredam yang terpenting di posisi pintu, lantai, dan atap. Umumnya,jika peredam dipasang pada pintu depan akan membantu meredam suara dari luar, manfaat lain nya, ia sebagai boks untuk dudukan speaker bagian depan. Sehingga hasil suara bass lebih empuk dan mendalam.
”pemassangan peredam paada lantai dan atap akan meredam suara dari bawah dan atas, misalnya pada saat hujan deras, suara hjan bisa tereduksi dengan baik.
Sedangkan khusus mobil drag atau balap berkategori ekstrim, pemasngan peredam harus lebih banyak. Biasanya peredam dipasangkan pada kap atau tutup mesin depan, bagasi, pilar, spakbor, firewall, dan lainnya. Sehingga  bising suara dari luar menjadi tertahan oleh perdam itu sendiri.
Jika di pasang pada spakbor, tentu akan meredam suara dari ban saat mobil berjalan. Bahkan kegunaan nya bisa meredam getaran yang berlebihan. Untuk mobil harian paling tidak dibutuhkan sekitar 20-25 lembar bahan peredam. Sedangkan mobil ekstrim bisa mencapai 110-an lembar lapis peredam.
Jenis peredam bervariasi, misalnya peredam karet atau peredam berbahan aspal.  Umu nya bahan karet di pasang untuk pintu dan peredam bahan aspal dipasangkan pada lantai dasar mobil. Ada juga jenis lain berbahan alumunium, biasa nya jenis ini dipasang pada bagian atap dan firewall.
-equalizer mempengaruhi kualitas suara
AUDIO yang di pasangkan padamobil biasa nya tidak lebih dari perangkatyang hanyamemainkan music favorit pemiliknya.pada system audio ini merupakan mekanisme yang sangat kompleks. Komponen dan piranti nya terdiri dari bagian-bagian kecil yang harus di jaga.
Salah satu system audio mobil yang mampu menghasilkan suara baik adalah equalizer. Sebab melalui equalizer bisa meningkatkan kualitas suara. Untuk itu, sebelum memodifikasi atau memasang audio pada sebuah mobil harus mempertimbangkan banyak hal. Harapannya supaya system audio menjadi lebih maximal.
Selain equalizer, komponen lain seperti amplifier juga harus di perhitungkan. Adanya perbedaan kualitas dan karakter suara dipengaruhi oleh amplifier audio. Agar suara lebih mantap dan jernih bisa memilih jenis ampliofier dengan nilai RMS (watt) yang besar dan THD nya yang kecil. Kemudian daya amplifier dan speaker harus sinkron.
Selanjutnya, menyetting surround sound di audio mobil bisa di lakukan pada setiap volume speaker yang ada sesuai keinginan. Setiap jenis mobil baru umunya menggunakan konektor auxiliary input (aux in) untuk menyambungkan piranti tambahan ke head unit, seperti piranti MP3 player, iPod, atau yang lain nya.
“sedikit menyetting audio mobil standar tentu akan menghasilkan suara yang semakin nyaman di telinga, perbedaan kualitas dan karakter suara yang di hasil kan tergantung kepada system audio yang dipasangkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar