-hidupkan mesin, baru pasang audio
Merawat audio mobil sebenarnya tidak sulit, utama
speaker,subwoofer, dan power amplifier tidak boleh setetespun terpercik air.
Termasuk pada saat mengelap speaker dan piranti lain nya tidak di anjurkan
dengan lap yang basah.
Selain itu, apa bila ingin menghidupkan audio mobil,
dipastikan mesin dahulu yang di nyalakan. Alasan nya, jika system audio sudah di modifikasi tentu
membutuhkan energy baterai (aki) yang tidak sedikit. Jika mesin tidak hidup,
dikwatirkan aki akan tersedot audio dan berakibat tekor. Jika sudah tekor maka
harus di dorong menghidupkannya.
Selanjut nya, apabila ingin memtikan ausio, volume harus di
posisikan pada angka nol yang kemudian di lanjutkan dengan mematikan perangkat
audio nya, setelah itu disusul dengan mengistirahatkan system kelistrikan lain
nya seperti system pendinginan (ac0 dan system kelistrikan lain nya.
“jika servis bbulana ke bengkel, jangan lupa untuk mengecek
kabel – kabel dan koneksi dengan power amplifier, equalizer, dan speaker.
Tujuannya apabila ada kabel kendor bisa segera di perbaiki. Sehingga aki dan
audio bisa lebih awet dan terawat baik.”
-Pasang peredam agar suara maximal
Kini banyak penggemar otomotif memodifikasi mobil nya dengan
system audio, dipasangnya system audio yang mahal agar menghasilkan suara yang
bagus sesuai dengan harapannya. Namun, banyak diantara mereka yang melupakan
pemasangan peredam pada mobil nya.
Jika di lihat bentuk nya, mungkin manfaat peredam hanya
sedikit. Padahal, fungsi peredam sangat besar. Di pasang nya peredam pada
mobiluntuk memaximalkan system audio itu sendiri, sebab body mobil, terutama
buatan jepang bahan nya sangat tipis dan bahan interior terbuat dari plastic.
Tipis nya bahan body mobil akan membuat suara-suara lain
dari luar mobil akan masuk k dalam. Selain mengganggu suara music yang
diperdengarkan, speaker tidak akn berkerja secara maximal dalam system audio
mobil, inti nya, dengan peredam kabin menjadi lebih kokoh dan ruangan mobil
seperti kamar dalam sebuah rumah.
“dipasangnya peredam ini, misalnya pada doortrim maka bisa
menghilangkan getaran pada interior, sehingga suasana dalam mobil menjadi lebih
nyaman.
Jika mobil digunakan harian, pemasangan peredam yang
terpenting di posisi pintu, lantai, dan atap. Umumnya,jika peredam dipasang
pada pintu depan akan membantu meredam suara dari luar, manfaat lain nya, ia
sebagai boks untuk dudukan speaker bagian depan. Sehingga hasil suara bass
lebih empuk dan mendalam.
”pemassangan peredam paada lantai dan atap akan meredam
suara dari bawah dan atas, misalnya pada saat hujan deras, suara hjan bisa
tereduksi dengan baik.
Sedangkan khusus mobil drag atau balap berkategori ekstrim,
pemasngan peredam harus lebih banyak. Biasanya peredam dipasangkan pada kap
atau tutup mesin depan, bagasi, pilar, spakbor, firewall, dan lainnya.
Sehingga bising suara dari luar menjadi
tertahan oleh perdam itu sendiri.
Jika di pasang pada spakbor, tentu akan meredam suara dari
ban saat mobil berjalan. Bahkan kegunaan nya bisa meredam getaran yang
berlebihan. Untuk mobil harian paling tidak dibutuhkan sekitar 20-25 lembar
bahan peredam. Sedangkan mobil ekstrim bisa mencapai 110-an lembar lapis
peredam.
Jenis peredam bervariasi, misalnya peredam karet atau
peredam berbahan aspal. Umu nya bahan
karet di pasang untuk pintu dan peredam bahan aspal dipasangkan pada lantai
dasar mobil. Ada juga jenis lain berbahan alumunium, biasa nya jenis ini
dipasang pada bagian atap dan firewall.
-equalizer mempengaruhi kualitas suara
AUDIO yang di pasangkan padamobil biasa nya tidak lebih dari
perangkatyang hanyamemainkan music favorit pemiliknya.pada system audio ini
merupakan mekanisme yang sangat kompleks. Komponen dan piranti nya terdiri dari
bagian-bagian kecil yang harus di jaga.
Salah satu system audio mobil yang mampu menghasilkan suara
baik adalah equalizer. Sebab melalui equalizer bisa meningkatkan kualitas
suara. Untuk itu, sebelum memodifikasi atau memasang audio pada sebuah mobil
harus mempertimbangkan banyak hal. Harapannya supaya system audio menjadi lebih
maximal.
Selain equalizer, komponen lain seperti amplifier juga harus
di perhitungkan. Adanya perbedaan kualitas dan karakter suara dipengaruhi oleh
amplifier audio. Agar suara lebih mantap dan jernih bisa memilih jenis
ampliofier dengan nilai RMS (watt) yang besar dan THD nya yang kecil. Kemudian
daya amplifier dan speaker harus sinkron.
Selanjutnya, menyetting surround
sound di audio mobil bisa di lakukan pada setiap volume speaker yang ada sesuai
keinginan. Setiap jenis mobil baru umunya menggunakan konektor auxiliary input
(aux in) untuk menyambungkan piranti tambahan ke head unit, seperti piranti MP3
player, iPod, atau yang lain nya.
“sedikit menyetting audio mobil standar tentu akan
menghasilkan suara yang semakin nyaman di telinga, perbedaan kualitas dan
karakter suara yang di hasil kan tergantung kepada system audio yang
dipasangkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar